Langsung ke konten utama

ILMU SOSIAL DASAR

 

Tugas Ilmu Sosial Dasar

Nama : Nasyiah Fikriyanti

Kelas   :1KA27

NPM   : 10120838

Pengertian,tujuan, ISD dan IPS

ILMU SOSIAL DASAR (ISD)

PENGERTIAN ISD

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yang menelaah tentang masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan konsep, teori , dan fakta dari berbagai bidang lain yang ada di lingkup ilmu-ilmu sosial.

TUJUAN ISD

Ilmu sosial dasar memiliki tujuan diantaranya :

a. memahami dan menyadari adanya kenyataan dan masalah sosial di masyarakat.

b. peka terhadap masalah sosial dan berusaha mencari solusinya.

c. memahami jalan pikiran ahli-ahli di bidang lainnya agar bisa berkomunikasi dalam rangka penyelesaian masalah di masyarakat.

Selain itu ISD juga membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.

KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN

Secara umum ilmu pengetahuan dibagi manjadi tiga, yaitu:

ILMU PENGETAHUAN ALAM (fisika, kimia, biologi, astronomi)

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (sosiologi, politik, ekonomi, sejarah, psikologi)

ILMU PENGETAHUAN BUDAYA/HUMANIORA (bahasa, agama, kesenian,sastra)

 Hubungan ISD dengan IPS

 Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.

Adapun persamaan antara keduanya adalah :

  a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.

  b.  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

  c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

  Adapun perbedaan antara keduanya adalah :

ILMU PENGETAHUAN DASAR (ISD)

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Diberikan di perguruan tinggi

Diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan

Merupakan mata kuliah tunggal

Merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)

Diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian

Diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual

 

RUANG LINGKUP ISD

Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan :

1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu

2.      Konsep-konsep sosial tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial

3.      Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.google.com/amp/s/alvinmod.wordpress.com/2014/10/31/pengertian-tujuan-perbedaan-dan-persamaan-isd-dan-ips/amp/ 

https://kuliahsemester1.wordpress.com/ilmu-sosial-dasar-2/ilmu-sosial-dasar/ 

https://simplyme1901.weebly.com/ 

https://www.academia.edu/9527939/3_golongan_bahan_pelajaran_ISD 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 4_ ILMU SOSIAL DASAR

Nama : Nasyiah Fikriyanti Kelas : 1KA27 NPM : 10120838 PEMUDA DAN SOSIALISASI v   Internalisasi Belajar dan Spesialisasi   PENGERTIAN PEMUDA Pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil serta merupakan generasi yang diharapkan terhadap bangsa dan negaranya untuk meneruskan generasi sebelumnya. Tapi terkkadang pemuda zaman sekarang tidak menyadari bahwa didiri mereka terbebani menjadi pengganti generasi sebelumnya. PENGERTIAN SOSIALISASI Sosialisasi adalah suatu proses yang mempelajari tentang norma – norma masyarakat yang akan membentuk kepribadiannya dilingkungan masyarakat, dan dapat berfungsi sebagai peranan di kelompok individu. INTERNALISASI, BELAJAR, DAN SOSIALISASI Ketiga kata atau istilah tersebut pada dasarnya memiliki pengertian yang hampir sama. Proses berlangsungnya sama yaitu melalui interaksi sosial. istilah internasilasasi lebih ditekankan pada norma-nroma individu yang me

TUGAS 9_ ILMU SOSIAL DASAR

  Nama : Nasyiah Fikriyanti Kelas   : 1KA27 NPM    : 10120838 ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN Ø   Ilmu Pengetahuan PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN             Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha dasar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagau segi kenyataan dalam alam manusia. Segi- segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangnya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Tujuan ilmu pengetahuan dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan alirannya : 1.      Pengembangan ilmu pengetahuan untuk keperluan ilmu pengetahuan itu sendiri, yaitu sebatas untuk memenuhi rasa keingintahuan manusia 2.      Ilmu pengetahuan pragmatis. Aliran ini meyakini bahwa pengembangan ilmu pengetahuan haruslah dapat memberikan manfaat bagi manusia dalam pemecahan masalah kehidupan 4 HAL SIKAP YANG ILMIAH 1.      Tidak ada perasaan yang bersifat pamrih seh

TUGAS 2_ ILMU SOSIAL DASAR

  Nama   : Nasyiah Fikriyanti KLS       : 1KA27 NPM     : 10120838 PENDUDUK, MASYARAKAT, DAN KEBUDAYAAN v Pertumbuhan Penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Pertambahan penduduk sendiri di pengaruhi oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi. ● Tabel Perkembangan Penduduk Dunia Kita bisa lihat tabel dibawah ini, saya ambil contoh dari tahun – tahun sebelumnya Perkembangan Penduduk Dunia pada tahun 1950 sampai 2008 Populasi Tahun 1950 Populasi Tahun 2008 China 562,579,779 China 1,333,207,572 USA 152,271,000 India 1,154,845,005 Russia 101,936,816 USA 304,838,948 Japan 83,805,000 Indonesia 238,567,492   Brazil 1